INDONESIA MERDEKA!

Tentu kita semua sudah mengerti dan memahami bagaimana Negara Indonesia itu dibentuk. Perjuangan pahlawan melawan penjajah adalah peristiwa yang tidak akan pernah kita lupakan. Sekedar info saja, penjajah adalah suatu kelompok atau negara yang menguasai daerah yang bukan merupakan wilayah miliknya secara tidak bertanggungjawab. Yang aku maksud tidak bertanggungjawab adalah kelompok tersebut menggunakan Sumber Daya dengan berlebihan. Oleh karena itu, tentu saja, Bangsa Indonesia tidak tinggal diam. Berbagai perlawanan diluncurkan oleh Bangsa Indonesia di segala tempat. Akhirnya, setelah perjuangan yang melelahkan itu berlangsung bertahun-tahun, Indonesia pun mendapatkan hasilnya. Tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, menyatakan kemerdekaan Indonesia. Tentu saja, tanggal itu menandakan bahwa Indonesia telah merdeka dari segala cengkeraman penjajah.

Mulai dari tanggal itu, Indonesia memperingati tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Mulai dari anak kecil, sampai Bapak Presiden pun merayakannya. Di sini, kita akan membahas tentang perayaan 17 Agustus di sekolahku, tepatnya di SMP Pangudi Luhur 1 Jogjakarta. Waktu itu, tepatnya Hari Kamis, tanggal 17 Agustus 2017, kami, para siswa-siswi bersama para bapak ibu guru melaksanakan upacara bendera. Upacara Bendera di SMP PL ini tidak seperti Upacara Bendera di SD. Tempatnya berbeda, suasananya pun juga berbeda. Di dalam upacara ini, aku dan sejumlah temanku, baik itu teman sebayaku maupun kakak kelas, mengiringi upacara dengan musik yang membahana. Sejumlah kakak kelasku yang lain, yang tergabung dengan TONTI pun bertugas menjadi PASKIBRAKA. Ada juga yang menjadi pemimpin barisan, pemimpin upacara, kemudian pembawa teks Pancasila, pembaca UUD 1945. Lain daripada yang aku sebutkan tersebut menjadi siswa yang masuk ke dalam barisan.

Pukul 06.45, semua orang yang tergabung dalam orkestra untuk mengiringi upacara tersebut telah siap. Sementara petugas-petugas yang lain juga sudah mulai siap untuk bertugas. Pukul 7.00, semua siswa sudah berkumpul di lapangan upacara dan akan memulai upacara 17 Agustus tersebut dengan khidmat. Setelah semua pasukan siap, upacara pun dimulai.

Tidak ada kata kata yang bisa menggambarkan suasana upacara tersebut. Indah, bangga, senang, kaget, semua bercampur menjadi satu. Terutama keheranan kami terhadap TONTI yang bertugas sebagai PASKIBRAKA. Gerakannya sungguh luar biasa dan kompak, walaupun masih ada kesalahan sedikit. Namun, jika dipikir-pikir, untuk membuat anak SMP bisa melakukan hal sekompak itu tentu saja membuang waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kami bisa dan layak untuk mengagumi hal tersebut. Kami, para siswa yang tergabung di dalam orkestra pun tidak kalah kompak dan bagusnya. Begitu pula para petugas-petugas lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.

Upacara pun telah selesai, ditandai dengan pembubaran barisan oleh pemimpin barisan. Hari itu, kami sangat bahagia, karena dapat melaksanakan upacara 17 Agustus dengan baik bersama teman-teman dan guru-guru semua.

Comments

Popular posts from this blog

Ngenol Bikin Dongkol

Teknisi Correction Tape

Matahachi, sang Lemah Hati #05 - TAMAT