Baca Sambil Menghibur Diri - TAMAT

Pada serial sebelumnya, kita sudah membahas tentang keunikan dari blog ini. Apa itu? Tentu saja adalah kursor dan musik yang unik. Sekarang, atau lebih tepatnya pada saat serial ini dibuat, kursor di blog ini berbentuk gajah yang berwarna biru. Tentu saja, musiknya bukan gajah biru juga, tetapi musik klasik yang bernama SadPiano. Nah, kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat sebuah auto-playing music berjalan di blog kita. Tentu saja, aku mendapat referensi dari sebuah konten di google. Tapi, khusus untuk yang music, ada beberapa hal yang aku tambahi sendiri.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka sound cloud terlebih dahulu. Sama seperti cursor 4u yang terdapat pada serial sebelumnya, sound cloud hanyalah satu dari banyak sarana untuk membantu kita dalam menyetel music di blog. Jadi, cara yang aku tulis di blog ini tidak akan selalu sama dengan cara orang. Oke, tentu saja, kita akan melewati topik yang tidak penting itu. Setelah kita berhasil membuka sound cloud, kita wajib mencari music apa saja yang kita inginkan. Di sini, aku akan memilih lagu klasik, yaitu Sad Piano, seperti yang telah disetel di blog ini. Begitu kalian mencari Sad Piano di kotak search, otomatis, mesin pencari akan menyuguhkan beberapa pilihan yang masing-masing mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri. Begitu kalian sudah menentukan apa lagu yang pas untuk disetel di blog, saatnya untuk masuk ke langkah kedua, yaitu pengesetan lagu di blog.

Amati lagu yang sudah kalian pilih tadi, dan pencet tanda share yang ada di bagian bawah lagu yang kalian pilih. Begitu tombol share itu terpencet, otomatis akan muncul suatu laman yang akan mengatur di mana kalian akan share lagu tersebut. Tetapi, tidak usah susah-susah share, karena kita akan melewati bagian tersebut. Jika kalian amati laman tersebut, pasti ada dua pilihan di bagian paling atas dari laman tersebut. Pertama share, dan kedua embed. Pencet tombol atau tanda embed tersebut, dan copy semua kata yang berada di kotak di samping tanda Wordpress Code.

Sebenarnya, cara untuk menyetel music otomatis di blog tidak sulit. Sama seperti ketika kita mengganti kursor di blog, kalian harus membuka dasbor blogger, pergi ke bagian tata letak, kemudian ke HTML/Java Script, dan kalian akan mendapati dua kolom yang kosong. Jika kalian sudah mengganti kursor di blog kalian, pasti sudah akan ada kata-kata yang kalian copy dari cursor 4u. 

Untuk menyetel music, taruh semua kata-kata tadi yang sudah kalian copy di bawah kata-kata yang berasal dari cursor 4u. Setelah kalian paste, pasti akan muncul kata-kata yang aku sendiri tidak begitu paham artinya. Namun, inti dari kata-kata itu untuk mengeset muncul atau tidaknya music di blog.

Mulai dari sini, aku pernah terjebak. Ketika aku sudah mengira langkahnya selesai, maka aku simpan dan aku membuka blogku. Tidak disangka, ada gambar dari playlist music yang aku pilih berukuran besar dan tidak langsung auto-play atau langsung dimulai. Aku agak bingung, bagaimana cara membuat gambar tersebut hilang dan langsung auto-play? Aku membuka lagi editan HTML/Java Script tadi, dan langsung menemukan pemecahannya. Di situ, terdapat kata-kata auto-play:false. Artinya, mode auto-play belum mulai atau muncul. Akhirnya, aku mengubah kata kata false tadi menjadi true. Benar saja, music yang tadi harus diplay supaya mulai, akhirnya menjadi mode auto-play.

Satu lagi, aku mencoba-coba untuk mengeset tinggi. Tadinya, tinggi dari gambar music tersebut 450. Agak nekat, aku langsung mencoba ke 0. Ternyata, gambar tadi hilang seketika. Mode auto-play pun tidak berpengaruh akibat itu. Jadi, kesimpulann dari cerita ini adalah, jika kita tidak menemukan jawaban dari suatu persoalan, tentu saja kita harus mencoba sendiri. Sama sepertiku, aku mencari cara untuk menghidupkan autoplay di google, tetapi ternyata tidak ada yang aku bisa pahami. Akhirnya, aku mencoba sendiri dan dapat berhasil dengan mulus.

Comments

Popular posts from this blog

Ngenol Bikin Dongkol

Teknisi Correction Tape

Matahachi, sang Lemah Hati #05 - TAMAT