Kursor Gajah Biru

Pada serial sebelumnya, kita sudah membahas tentang dampak buruk dan baik dari ngenol. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan kebijakan, entah itu dari sekolah, masyarakat, ataupun pemerintah. Kita harus menimbang-nimbang dampak baik dan buruknya, kemudian kita bisa mengambil manfaat positif dari kebijakan tersebut, walaupun ada beberapa dampak buruk yang bisa jadi membuat kita menyalahkan kebijakan tersebut. Oke, terlepas dari semua itu, tentu saja, pada serial kali ini, kita akan membahas sesuatu yang berbeda. Kalian pasti mengetahui, di serial terdahulu, kita mengetahui bahwa aku telah menjadi seorang teknisi correction tape.

Begitu pula ketika kalian melihat serial di blog ini yang berhubungan dengan game Minecraft. Kebanyakan dari seri game Minecraft di blog ini berisi tentang seri-seri teknisi atau pemrogaman. Nah, kali ini kita akan membahas tentang hal yang sama, namun menyangkut tentang blog ini. Jika kalian mengunjungi blog ini setelah serial ini selesai dibuat, maka akan ada beberapa perbedaan yang ada di dalam blog ini. Apa itu? Pertama, kursor yang ada di blog ini akan berubah menjadi gajah biru. Dan kedua, perubahan yang paling penting adalah, di blog ini terdapat lagu. Lagu ini sengaja aku pilih, agar dapat menghibur kalian, alias pembaca.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat semua itu? Kali ini, aku akan bertindak sebagai teknisi atau seorang yang memberi tutorial. Tentu saja, semua tutorial ini tidak aku buat-buat sendiri. Jika kalian ingin mengetahui tutorial yang asli, maka kontennya akan aku sediakan. Untuk tutorial memasang musik di blog ada di sini, sedangkan tutorial mengganti kursor di blog ada di sini. Tetapi, ada beberapa penambahan yang dimodifikasi oleh aku sendiri. Kalaupun modifikasi dari aku ada di konten-konten di google, itu tidak aku ketahui. Yang jelas, aku mengetahui beberapa cara dari pengetahuan game Minecraft juga, seperti setting command dan lain sebagainya.

Pertama-tama, kita akan membahas tentang masalah kursor di blog. Tentu saja, banyak dari kalian, yang mempunyai blog, ingin mengganti kursor default atau asli menjadi sedikit aneh atau unik begitu pembaca masuk ke blog kalian. Nah, caranya adalah, kalian pertama-tama harus membuka cursor 4u terlebih dahulu. Cursor 4u itu adalah salah satu sarana bagi kalian untuk mengganti kursor di blog. Begitu sudah terbuka, maka pilihlah jenis kursor yang ingin kalian mau. Tentu saja, di blog ini, aku menerapkan kursor gajah yang berwarna biru. Omong-omong, modifikasi kursor di blog ini hanya akan terlihat di laptop/PC/komputer. Oke, lewati saja hal itu.

Kalian bisa mencari kursor yang akan kalian cari di kotak search kanan atas, atau kalian bisa memilih melalui kategori-kategori. Aku menyarankan, kalian lebih baik mencari di kotak search, karena dengan demikian, kalian bisa menghemat lebih banyak waktu. Contoh di sini, aku akan mencari kursor dengan kata kunci elephant. Benar saja. Begitu aku membukanya, terdapat daftar kursor gajah yang dapat kita pilih. Setelah memilihnya, kita bisa mengeklik kata-kata yang mendeskripsikan kursor tersebut. Begitu kalian klik, nanti kalian akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Lewati semuanya, kemudian kalian akan menjumpai yang namanya Option #1. Nah, begitu kalian sudah melihat kata-kata seperti itu, maka copy semua huruf yang ada di bawah kata Option #1 itu.


Itu adalah langkah terakhir yang diperlukan. Setelah kalian mencopy semua huruf yang ada di situ, kalian hanya harus datang ke blog kalian, atau tepatnya di sini. Kemudian, kalian harus pergi ke bagian tata letak. Di bagian itu, kalian harus scroll ke bawah untuk mendapati kata-kata berupa Seluruh Kolom. Di bawah kata itu, pasti ada kata HTML/Java Script. Pergi ke pojok kanan bawah dari kotak tersebut, dan kunjungi kata edit. Begitu terbuka, kalian pergi ke bagian HTML/Java Script. Di situ, kalian akan mendapati ada dua kolom. Kolom pertama dilabeli judul, yang kedua dilabeli konten. Paste semua kata yang dicopy tadi ke bagian konten. Begitu kalian simpan, dapat dijamin, kursor di blog akan terganti dengan sendirinya sesuai dengan pilihan kalian.

Comments

Popular posts from this blog

Ngenol Bikin Dongkol

Teknisi Correction Tape

Matahachi, sang Lemah Hati #05 - TAMAT