Game Minecraft

Pada serial-serial terdahulu, game digital yang baik memang pernah dibahas. Sekarang, kita akan membahasnya lagi, namun dengan game digital yang berbeda dengan manfaat yang sama baiknya, namun harus dengan tingkat kreatifitas yang tinggi. Di serial yang sebelumnya, bahkan, game ini pernah muncul, namun sepintas dan belum tentu diperhatikan secara khusus. Ya, game itu adalah Minecraft. Minecraft adalah game berbentuk sand-box, yang artinya, seluruh hewan, monster, tanah bahkan air sekalipun berbentuk kubus. Secara spesifik, setahuku, game ini mempunyai beberapa mode. Salah satu yang saya sukai adalah survival. Arti dari survival adalah bertahan hidup. Tentu saja, bertahan hidup di dunia nyata dan bertahan hidup di dunia Minecraft berbeda. Apabila di dunia nyata, kita harus bertahan hidup dari hewan-hewan buas yang memangsa manusia, walaupun pada jaman sekarang, keadaan itu sudah tidak sering dialami, di dunia Minecraft kita harus bertahan hidup dari monster-monster yang muncul pada malam hari.

Alasan kenapa game ini aku sukai, karena dalam game ini, kita harus mengusahakan sumber daya sendiri, lalu membuat benda-benda yang dapat menolong kita untuk menyejahterakan hidup karekter kita di dalam Minecraft. Banyak hal-hal mudah yang dapat aku buat di dalam game itu. Contohnya membuat crafting table, chest dan furnace. Namun, ada juga hal-hal cukup sulit yang aku rencanakan akan aku buat di dunia Minecraft, semisal enchantment table, berbagai armor diamond, dan shield. Semua hal yang cukup sulit itu, bahan-bahan yang kita perlukan juga susah di dapat, dan hanya didapatkan dengan mining atau penambangan. Misalnya iron ingot, diamond, dan gold ingot.

Selain itu, kita juga harus membuat rumah sebagai perlindungan dari para monster, tempat tidur sebagai sarana untuk melewati malam hari dengan sangat cepat, dan berbagai hal yang semakin hari, kita akan memerlukan benda itu. Selain rumah, kita juga harus membuat farm (pertanian), husbandry (peternakan), dan small woods (hutan kecil). Masing-masing tentu saja ada gunanya. Farm berguna untuk menyediakan makanan bagi kita. Selain itu, makanan hasil dari farm bisa kita gunakan untuk membuat husbandry. Beberapa hasil makanan dari farm, harus dimasak terlebih dahulu agar efesien dalam menambah poin kelaparan. Husbandry berguna untuk menyediakan makanan bagi kita, seperti farm. Selain itu, husbandry juga berguna untuk menyediakan wool, milk (susu), leather (kulit), egg (telur), feather (bulu). Semua bahan itu ada kegunaanya, yang tidak bisa dijabarkan di sini satu-satu. Sedangkan, small woods berguna sebagai penghasil kayu. Kita bisa membangun small wood dengan bibit-bibit yang kita dapatkan dari menghancurkan daun pohon. Apabila kita tidak membangun small woods, maka pepohonan di sekitar kita akan habis kita tebang.

Apabila aku mengalami kesulitan, maka aku akan berpikir secara logika, dan menyusun bahan-bahan sesuai bentuk benda yang akan kubuat. Namun, jika memang benar-benar tersendat, maka aku akan menonton di youtube dan mencari di internet. Aku lebih memilih menonton di youtube, karena di youtube, banyak pemain-pemain minecraft ahli yang dapat menginspirasi kita untuk membuat rumah, farm, dan sebagainya.


Satu lagi, apabila kita menaruh torch di sekitar rumah kita dalam jumlah banyak, maka monster-monster seperti creeper, zombie, skeleton, spider dan sebagainya tidak akan spawn atau muncul di sekitar rumah kita. Itu disebabkan karena mereka semua takut oleh cahaya, baik cahaya torch maupun cahaya matahari. 

Comments

  1. Terima kasih telah berbagi. Dalam catatan yang Rio hasilkan pagi ini, tampak bahwa game minecraft melatih keterampilan berpikir. Ada pemecahan soal. Ada kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris. Kesempatan untuk menuliskan pengalaman macam ini tidak pernah akan ada tanpa adanya kebersamaan. Pagi ini kali kedua kita menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk menikmati aliran air di Kali Kuning. Adalah hal yang membahagiakan bahwa kita saling mendukung .Kita tunggu lebih jauh lagi, seberapa kita tetap konsisten dalam melatih diri untuk menulis dan berbagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngenol Bikin Dongkol

Teknisi Correction Tape

Matahachi, sang Lemah Hati #05 - TAMAT